Loading

Ketik untuk mencari

Lebanon

Petinggi Hizbullah: Partai Geagea Terima Dana dan Senjata dari AS-Saudi Sejak 2009

Petinggi Hizbullah: Partai Geagea Terima Dana dan Senjata dari AS-Saudi Sejak 2009

POROS PERLAWANAN – Anggota Dewan Pusat Hizbullah, Nabil Qawuq menyatakan bahwa misi Partai al-Quwwat al-Lubnaniyah pimpinan Samir Geagea adalah memerangi Hizbullah dan menyulut kerusuhan.

Dikutip Fars dari al-Ahed, Qawuq berkata bahwa sejak tahun 2009, partai Geagea telah menerima bantuan uang dan senjata dari Saudi serta AS, dengan tujuan menargetkan Poros Perlawanan Lebanon.

Menurut Qawuq, peran al-Quwwat al-Lubnaniyah ini juga diungkap oleh dokumen-dokumen WikiLeaks. Meski demikian, kata Qawuq, partai ini sejak tahun tersebut hingga sekarang tidak bisa mempertahankan siapa pun sebagai sekutunya.

Petinggi Hizbullah ini menjelaskan, pecahnya persekutuan berbagai pihak dengan al-Quwwat al-Lubnaniyah dikarenakan semua tahu bahwa Geagea berupaya menyulut perang saudara baru di Lebanon.

“Mereka (para mantan sekutu al-Quwwat al-Lubnaniyah) memberi tahu kami bahwa partai ini tidak berubah. Partai ini masih menjalankan sebuah proyek untuk memicu perang dan konflik,” papar Qawuq.

Ia berpendapat, kejahatan al-Quwwat al-Lubnaniyah dalam peristiwa teror di Beirut baru-baru ini bukanlah hal yang aneh, sebab partai ini memang telah disokong dana sejak lama untuk melakukan misi semacam ini.

Qawuq menegaskan, kejadian di Beirut menunjukkan bahwa esensi anasir al-Quwwat al-Lubnaniyah tidak berubah, dan bahwa proyek partai ini adalah memulai kembali perang saudara di negara bekas jajahan Prancis itu.

Ia meyakini, proyek anasir al-Quwwat al-Lubnaniyah adalah ancaman eksistensi nyata bagi Lebanon dan masa depannya. Dia berargumen, partai ini menjalankan agenda Riyadh dan Washington untuk menyeret Lebanon ke konflik internal.

“Musuh-musuh Lebanon marah karena ajaran Resistansi menyebar di tengah masyarakat. Namun mereka tidak mampu membentuk front dalam negeri untuk melawan Hizbullah,” tegas Qawuq.

Tags:

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *