Loading

Ketik untuk mencari

Iran

Provokasi Iran, Pentagon Kirim Dua Pesawat Pembom B-52 ke Teluk Persia

POROS PERLAWANAN – Dilansir Press TV, Pentagon telah mengerahkan sepasang pesawat pembom B-52 ke Teluk Persia dalam gestur militer provokatif lainnya terhadap Iran, hanya beberapa minggu sebelum Presiden AS, Donald Trump hengkang dari Gedung Putih.

Pesawat pembom berkemampuan nuklir itu terbang tanpa henti dari Pangkalan Angkatan Udara Minot di North Dakota dan pulang setelah unjuk kekuatan di sisi barat Teluk Persia pada hari Rabu, Associated Press melaporkan.

Mengumumkan pengerahan itu, Kepala Komando Pusat AS mengatakan pada Rabu bahwa tindakan tersebut untuk menunjukkan bahwa “kami siap dan dapat menanggapi setiap agresi yang ditujukan pada Amerika atau kepentingan kami”.

“Kami tidak mencari konflik, tetapi tidak ada yang boleh meremehkan kemampuan kami untuk mempertahankan pasukan kami atau bertindak tegas dalam menanggapi serangan apa pun,” kata Jenderal Frank McKenzie, tanpa menyebut nama Iran.

Ini adalah ketiga kalinya dalam enam minggu pesawat pembom Amerika melakukan penerbangan jarak jauh di lepas pantai Iran.

Sebelumnya pada bulan Desember, dua pesawat pembom B-52 terbang nonstop dari Pangkalan Angkatan Udara Barksdale di Louisiana, melintasi Eropa dan kemudian Teluk Persia dalam misi yang dengan sengaja diberitahukan hanya sesaat sebelum kejadian.

Angkatan Laut AS juga mengumumkan kedatangan kapal selam bertenaga nuklir di Teluk Persia minggu lalu. USS Georgia melewati Selat Hormuz ditemani oleh dua kapal perang Amerika, menjadikannya kapal selam bermuatan rudal pertama dari jenisnya yang memasuki Teluk Persia dalam delapan tahun.

Pihak berwenang Iran menganggap remeh peningkatan aktivitas militer AS di wilayah tersebut selama beberapa minggu terakhir, dengan mengatakan bahwa langkah tersebut hanyalah pertunjukan defensif, yang berasal dari ketakutan Washington sendiri akan kesalahan mereka di masa lalu.

Tags: