Loading

Ketik untuk mencari

Suriah

Rouhani Tegaskan Komitmen dan Konsistensi Iran Dukung Suriah Lepas dari Cengkeraman Terorisme Asing

POROS PERLAWANAN – Dilansir Press TV, Presiden Iran Hassan Rouhani sekali lagi menegaskan dukungan Republik Islam untuk Suriah sampai kemenangan atas terorisme, menggambarkan hubungan Teheran-Damaskus “strategis dan bersahabat”.

“Republik Islam Iran selalu mendukung rakyat Suriah dan akan mendukung bangsa dan Pemerintah Suriah sampai kemenangan terakhir atas terorisme, kembalinya pengungsi dan rekonstruksi negara,” kata Rouhani dalam pertemuan dengan Duta Besar Suriah yang baru untuk Tehran, Shafiq Dayoub pada hari Selasa.

“Dalam urusan diplomasi, khususnya dalam rangka perundingan Astana, Iran akan melanjutkan upayanya untuk membangun stabilitas dan perdamaian penuh di Suriah,” tambahnya.

Iran, Rusia, dan Turki telah memimpin proses perdamaian untuk Suriah yang dikenal sebagai proses Astana. Nama perundingan ini diambil dari nama Ibu Kota Kazakhstan, Astana, yang merupakan tempat awal dilakukannya proses perundingan, sebelum pada 23 Maret 2019, Dekrit Presiden secara resmi mengganti nama Ibu Kota tersebut menjadi Nur-Sultan.

Kesepakatan pertama yang telah ditandatangani Astana, mengatur pembentukan zona de-eskalasi di seluruh Suriah, termasuk di beberapa bagian Idlib. Perundingan kedua yang dilaksanakan di kota resor Sochi, Rusia, memberikan izin bagi Ankara untuk menurunkan sejumlah kecil pasukan untuk menjaga pos pengamatan guna memperkuat zona de-eskalasi.

Sementara kedua kesepakatan itu telah membantu mengurangi pertempuran di Suriah secara signifikan. Konflik tersebut belum sepenuhnya berakhir, sebagian besar karena kegagalan Turki untuk memisahkan kelompok teroris dari apa yang disebutnya sebagai kelompok oposisi “moderat” di Idlib, serta pengiriman ribuan pasukan beserta perangkat keras militer oleh Ankara ke Suriah untuk mendukung para militan.

Selama pertemuan hari Selasa, Dubes Suriah yang baru mengatakan bahwa negaranya berusaha untuk mempertahankan semua pencapaian berharga yang telah dibuat selama empat dekade terakhir dalam hubungan strategis dengan Iran.

Dayoub memuji dukungan rakyat dan Pemerintah Iran untuk Suriah pada saat-saat sulit sembari menjelaskan bahwa Damaskus masih memerangi terorisme dan pendudukan di semua dimensi mereka dan telah berhasil membuat pencapaian besar dalam pertempuran anti-teror.

“Masih panjang jalan yang harus ditempuh,” tandasnya.

Tags:

Fatal error: Allowed memory size of 134217728 bytes exhausted (tried to allocate 4096 bytes) in /www/wwwroot/porosperlawanan.com/public_html/wp-includes/wp-db.php on line 2135