Loading

Ketik untuk mencari

Yaman

Sindir Saudi, Presenter al-Jazeera: Dengan Uang Seharga Rudal Patriot AS dan Sewa Pegasus Israel, Berapa Nyawa Anak Yaman Bisa Diselamatkan?

Sindir Saudi, Presenter al-Jazeera: Dengan Uang Seharga Rudal Patriot AS dan Sewa Pegasus Israel, Berapa Nyawa Anak Yaman Bisa Diselamatkan?

POROS PERLAWANAN – Dilansir Fars, salah satu presenter al-Jazeera memberi saran kepada para Petinggi Saudi agar menggunakan dolar-dolar mereka untuk membantu Yaman, alih-alih menghabiskannya untuk membeli senjata modern AS.

Presenter al-Jazeera asal Lebanon, Ghada Oueiss, mengunggah cuitan yang tampaknya menanggapi konferensi virtual di Riyadh beberapa hari lalu.

“Satu rudal Patriot berharga tiga juta dolar. Dengan nominal ini, berapakah nyawa anak Yaman yang bisa diselamatkan?” cuitnya.

“Konferensi Bantuan untuk Yaman” diselenggarakan pada Selasa 2 Juni di Riyadh. Konferensi virtual ini diklaim bertujuan untuk menghimpun dana bantuan bagi Yaman.

Para pengamat menilai, konferensi itu hanya sebuah sandiwara belaka, agar para Petinggi Saudi, terutama Muhammad bin Salman, bisa memperbaiki citra mereka.

Oueiss dalam cuitan lainnya secara blak-blakan mengkritik konferensi itu dan para penyelenggaranya. Dia membuat perbandingan kemunafikan dan kebohongan Rezim Saudi.

“Saudi dan UEA menghabiskan 725 milyar dolar untuk perang mereka di Yaman. Namun saat PBB meminta dana 2,4 milyar dari mereka (dalam konferensi Riyadh) untuk membantu Yaman, Saudi hanya memberi 500 juta dolar, sedangkan UEA tidak sama sekali,” cuit Oueiss.

Selain menjatuhkan nama Saudi dan UEA, agresi dua negara itu ke Yaman telah memaksa mereka menguras kocek. Inilah yang mendorong UEA menarik sebagian pasukannya dari Yaman.

Riyadh juga kesulitan membayar gaji tentara dan serdadu bayarannya di perbatasan selatan. Masalah ini memicu pembangkangan para serdadu bayaran Saudi pada bulan lalu.

Tak cukup sampai di situ, Oueiss juga membeberkan pemborosan Saudi dalam proyek spionase atas pihak oposisi dan tekanan terhadap Qatar. Ia menulis, ”Saudi membiayai Program Pegasus Israel senilai 55 juta dolar untuk memata-matai dan memburu pihak oposisi. Dengan 55 juta dolar, berapa anak Yaman yang bisa diselamatkan dari kelaparan dan malnutrisi?”

Cuitan Oueiss ini merujuk pada pengumuman Pemerintah Yaman pada Rabu 3 Juni lalu bahwa blokade Koalisi Saudi atas Yaman telah menyebabkan kematian satu anak Yaman tiap lima menit. Sebelum ini, statistiknya adalah kematian satu anak Yaman tiap 12 menit.

Oueiss juga menyatakan, Saudi memberikan 14 juta dolar per tahun kepada kelompok pelobi untuk menekan Qatar. Namun tidak memberikan sepeser pun guna menyelamatkan anak-anak Yaman dari Corona di kota Aden.

Tags:

Fatal error: Allowed memory size of 134217728 bytes exhausted (tried to allocate 28672 bytes) in /www/wwwroot/porosperlawanan.com/public_html/wp-includes/wp-db.php on line 2135