Loading

Ketik untuk mencari

Yaman

Tentara Yaman Tembak Jatuh Drone Buatan AS Milik Koalisi Saudi

POROS PERLAWANAN – Dilansir Press TV, sebuah pesawat tak berawak Amerika yang dioperasikan oleh koalisi Saudi, ditembak jatuh oleh tentara Yaman di provinsi Hajjah utara.

Juru Bicara Angkatan Bersenjata Yaman, Brigadir Jenderal Yahya Saree mengatakan pada hari Minggu sore bahwa pasukan pertahanan udara Yaman telah berhasil menjatuhkan pesawat AeroVironment RQ-20 Puma karena terbang tanpa izin di atas distrik Harad yang dekat dengan perbatasan dengan wilayah Jizan Arab Saudi.

Pesawat tanpa awak yang tertembak jatuh tersebut dapat dilengkapi dengan kamera inframerah elektro-optik dan sering digunakan untuk tujuan pengawasan dan operasi intelijen.

Kemudian pada hari itu, pesawat militer pimpinan Saudi melancarkan empat serangan udara terhadap beberapa area di gurun Ajasher di provinsi Jawf, Yaman utara.

Pesawat-pesawat tempur juga menggempur daerah Emarat di distrik Kitaf wa al-Boqe di provinsi pegunungan Sa’ada di barat laut pada tiga kesempatan.

Di tempat lain, lusinan anggota milisi yang setia kepada mantan Presiden Yaman, Abd Rabbuh Mansur Hadi dan dilindungi oleh Riyadh, terbunuh atau terluka akibat serangan balasan oleh sekutu Yaman di Najran, Arab Saudi barat daya.

Sejak bulan Maret 2015, Arab Saudi memulai kampanye berdarah melawan Yaman dengan tujuan mengembalikan Hadi kembali ke kursi kekuasaan, dan menghancurkan gerakan Houthi Ansharullah.

Riyadh tidak sendirian dalam kampanye ini. Mereka banyak dibantu oleh para sekutu regionalnya dan menikmati pasokan senjata dari pendukung Baratnya.

Tags: