Loading

Ketik untuk mencari

Iran

WHO Ajak Dunia Tiru Manajemen Iran Tangani COVID-19

Iran berhasil tangani Corona ditengah Sanksi Ekonomi

POROS PERLAWANAN – Menteri Kesehatan, Pengobatan dan Pendidikan Kedokteran Iran, Saeed Namaki menyatakan bahwa penyebaran virus Corona menurun drastis, karena manajeman epidemi yang tepat dan ia memuji kerja sama seluruh warga di negara itu.

Ia mengumumkan, bahkan para ahli World Health Organization (WHO) telah menyerukan untuk memanfaatkan pengalaman Iran dalam memerangi wabah virus Corona di wilayah Mediterania Timur.

Namaki mengatakan dalam pernyataannya tentang implementasi rencana mobilisasi nasional untuk memerangi virus Corona.

“Hingga hari ini, rencana tersebut telah dilaksanakan terhadap lebih dari 90% warga Iran,” paparnya.

“Kami mengadakan pertemuan melalui video live streaming dengan para pejabat Kantor Regional WHO di wilayah Mediterania Timur, dan para pakar WHO memuji pelaksanaan rencana mobilisasi nasional untuk menghadapi wabah virus Corona. Mereka juga menyerukan agar dunia mengambil manfaat dari para pakar Iran di kawasan ini,” imbuhnya.

Namaki memaparkan, dengan pelaksanaan rencana tersebut, pihaknya dapat menemukan lebih banyak kasus baru orang-orang yag terinfeksi virus Covid-19 dengan lebih efisien dan memperjelas efek peningkatan kesehatan para individu tersebut, serta mengubah posisi Iran dalam situasi skala global.

Lebih lanjut, Namaki mengekspresikan harapannya, bahwa pemberlakuan social distancing atau ‘jaga jarak sosial’ terus berlanjut dengan kekuatan penuh hingga Rabu depan.

Ia pun meminta warga memahami, bahwa Iran saat ini sedang dalam tahap krusial pengendalian penyakit akibat virus Corona (Covid-19).

Kementerian Kesehatan Iran merilis pernyataan bahwa beberapa kasus infeksi baru sudah sangat jauh berkurang, sementara peningkatan jumlah pasien sembuh meningkat signifikan di beberapa provinsi, karena manajemen dan penanganan epidemi dilakukan dengan benar. Kerja sama warga telah membuat negara dalam posisi yang baik di antara negara-negara Mediterania Timur.

Sementara itu pejabat Bulan Sabit Merah Iran, Kareem Hamati mengatakan bahwa Iran telah melakukan banyak upaya untuk menekan penyebaran Covid-19, terlepas dari fakta bahwa negara-negara maju sejauh ini justru gagal menghadapi serangan wabah mematikan ini.

“Kami berhasil dalam menangani epidemi ini, kendati negara kami di bawah tekanan sanksi musuh,” pungkasnya.

Sekadar informasi, jumlah pasien terinfeksi Covid-19 di Iran berjumlah 50.468, pasien sembuh 16.711, sementara pasien meninggal berjumlah 3.160 orang.

Tags: