Calon Perdana Menteri Inggris Nyatakan ‘Siap’ Gunakan Senjata Nuklir jika Dibutuhkan

Share

POROS PERLAWANAN – Dilansir Press TV, Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss, yang kemungkinan akan naik ke jabatan Perdana Menteri Inggris bulan depan, telah dengan tegas menyatakan kesediaannya untuk menggunakan senjata nuklir sesuai kebutuhan, bahkan jika itu berarti pemusnahan global.

“Saya pikir itu adalah tugas penting perdana menteri dan saya siap untuk melakukan itu,” kata Truss dalam pertemuan anggota Partai Konservatif di Birmingham pada Selasa ketika ditanya bagaimana perasaannya tentang “menekan tombol dan melepaskan pemusnahan global” jika diperlukan.

Dia bahkan tidak menyebutkan kemungkinan pertama mencari solusi diplomatik untuk mencegah konfrontasi nuklir.

Diplomat top Inggris – yang tampaknya akan menggantikan Perdana Menteri Boris Johnson yang akan keluar pada 5 September – tampak tanpa emosi ketika dia dengan tegas menyatakan bahwa dia akan memerintahkan peluncuran senjata nuklir sebagai tanggapan atas tuan rumah acara, John Pienaar, yang mengatakan bahwa dia akan merasa “sakit secara fisik” pada prospek tersebut, menurut laporan lokal.

Selama acara yang terdiri dari pengikut partai Tory di NEC di Birmingham, Pienaar menanyai Truss tentang prospek potensial, mengatakan kepadanya, “Salah satu hal pertama yang akan terjadi ketika dan jika Anda menjadi perdana menteri, Anda akan diantar ke kamar, kamar yang sangat pribadi di Nomor 10, dan di depan Anda akan terbentang apa yang disebut letter of last resort.”

“Perintah Anda kepada Kapten kapal Trident kita tentang apakah Anda, Perdana Menteri Liz Truss, memberikan perintah untuk melepaskan senjata nuklir. Itu berarti pemusnahan global. Saya tidak akan bertanya apakah Anda akan menekan tombol, Anda akan menjawab ya, tetapi menghadapi tugas itu, saya akan merasa sakit secara fisik,” kata Pienaar.

Dia kemudian bertanya, “Bagaimana perasaan Anda?”

Truss menjawab dengan mengatakan, “Saya pikir itu adalah tugas penting dari perdana menteri dan saya siap untuk melakukan itu,” mengulangi, “Saya siap untuk melakukan itu.”

Truss dan mantan Menteri Keuangan Inggris, Rishi Sunak adalah dua kandidat terakhir dalam pemilihan umum di Partai Konservatif untuk jabatan perdana menteri, yang muncul setelah Johnson mengumumkan pengunduran dirinya pada 7 Juli setelah menghadapi banyak skandal politik.

Putaran terakhir pemungutan suara dalam perlombaan kepemimpinan Tory sedang berlangsung dan akan berlangsung hingga awal September. Selama putaran terakhir, semua anggota partai — hampir 200.000 orang — akan memilih pemenang dari dua finalis. Pemungutan suara akan dilakukan melalui surat. Pengganti Johnson akan diumumkan pada 5 September.

Menurut Kementerian Pertahanan Inggris, tujuan dari sistem rudal nuklir Trident adalah untuk “mencegah ancaman paling ekstrem terhadap keamanan nasional dan cara hidup kita, yang tidak dapat dilakukan dengan cara lain”.

Truss sebelumnya telah mengisyaratkan niatnya untuk memperbarui penangkal nuklir selama kampanye kepemimpinannya, kantor berita lokal melaporkan. Dia juga vokal dalam rencananya untuk menghadapi Presiden Rusia Vladimir Putin, yang dilaporkan memilihnya pada Februari ketika Moskow menempatkan penangkal nuklirnya dalam siaga tinggi.

Jubir Kremlin, Dmitry Peskov pada saat itu mengecam “pernyataan oleh berbagai perwakilan di berbagai tingkatan tentang kemungkinan situasi konflik dan bahkan tabrakan dan bentrokan antara NATO dan Federasi Rusia”.

“Kami menganggap pernyataan seperti itu benar-benar tidak dapat diterima,” kata Peskov. “Saya tidak akan menyebutkan nama penulis pernyataan ini, meskipun itu adalah Menteri Luar Negeri Inggris.”