‘Dukungan’ Tak Terduga Trump untuk Biden: Dia Tidak Terlalu Tua, Tapi …

Share

POROS PERLAWANAN – Dikutip Mehr dari TRT, Donald Trump dalam sebuah langkah tak terduga memberikan “pembelaan” untuk Presiden AS, Joe Biden. Menurut Trump, berlawanan dengan apa yang sering dikatakan, “Biden tidak terlalu tua” untuk kembali menjabat sebagai Presiden AS.

Namun Trump langsung menambahkan bahwa problem utama Biden untuk terpilih kembali adalah “inkompetensinya!”

Statemen Trump terlontar di saat keberadaan para politisi lanjut usia menjadi bahan pembicaraan hangat di AS. Topik ini menjadi pusat perhatian publik terutama menjelang Pilpres 2024. Saat itu Biden akan berusia 82 tahun, sedangkan Trump 78 tahun.

Berbagai jajak pendapat mengungkapkan bahwa kendati selisih usia antara 2 kandidat utama ini tidak terlalu jauh, namun warga AS mencemaskan usia lanjut Biden. Dari setiap 4 warga AS, 3 di antara mereka meragukan kemampuan Biden untuk kembali berada di Gedung Putih.

Sehubungan dengan ini, Trump mengatakan, ”Sebagian pemimpin besar dunia tengah menginjak dekade ke-8 hidup mereka. Meski demikian, saya bahkan belum mendekati usia 80.”

“Biden juga tidak terlalu tua, hanya saja saya pikir dia tidak layak dan ini adalah masalah yang lebih besar,” imbuhnya.

Biden di masa mudanya punya masalah saat berbicara. Dia juga kerap menjadi bahan olokan lantaran kerap salah omong dan bertindak aneh.

Trump sendiri juga sering bicara tidak jelas dan bermasalah saat berjalan kaki. Kendati begitu, ia mengeklaim bahwa usianya tidak perlu dikhawatirkan, karena “kedua orangtuanya berumur panjang dan tidak punya masalah genetik”.

Sebelum ini, mantan Wakil AS di PBB, Nikki Haley mengungkap tanggapannya terhadap insiden mematungnya seorang senator Partai Republik di depan kamera.

Haley (51 tahun), yang juga merupakan kandidat Republik untuk Pilpres 2024, dalam wawancara dengan Fox News menyebut insiden yang dialami Mitch McConnell sebagai “hal yang memprihatinkan”, dan ia menambahkan bahwa “Senat AS telah berubah menjadi panti jompo prestisius”.

Haley menyebut kehadiran McConnell di kancah politik sebagai hal yang patut diapresiasi. Namun ia mengatakan bahwa sudah tiba saatnya bagi politisi berusia 81 tahun ini, juga para politisi lanjut usia AS lainnya, termasuk Biden (80 tahun) dan Senator Dianne Feinstein (90 tahun) untuk mengundurkan diri.