Para Penentang Netanyahu Siapkan ‘Penyambutan Spesial’ di New York

Share

POROS PERLAWANAN – Berbarengan dengan kunjungan PM Israel Benyamin Netanyahu ke AS untuk menghadiri acara di Majelis Umum PBB, para penentangnya di New York dikabarkan telah siap memberikan “penyambutan spesial” untuknya.

Diberitakan Mehr, media-media Ibrani mengabarkan bahwa para penentang Netanyahu akan menggunakan teknologi sinar laser untuk memajang slogan-slogan anti-Netanyahu di gedung PBB.

Menurut sumber-sumber ini, di antara slogan yang akan dipampang dengan laser saat lawatan Netanyahu adalah “Jangan percaya omongan Netanyahu, si Perdana Menteri kriminalis!”

Para penentang Netanyahu juga berencana mengadakan unjuk rasa besar saat dia berada di New York. Unjuk rasa ini dilakukan para penentang proyek reformasi yudisial yang digagas Kabinet Netanyahu. Proyek ini akan melemahkan wewenang Mahkamah Agung Israel sehingga ditentang banyak kalangan.

Pada Minggu malam, ribuan warga Tel Aviv berdemo di depan bandara Ben Gurion sebelum keberangkatan Netanyahu ke AS.

Para politisi penentang Netanyahu menyeru warga Israel untuk berkumpul di depan bandara Ben Gurion pada pukul 21.30 waktu setempat guna menyuarakan penentangan terhadap rencana reformasi yudisial.

Sementara itu, media-media Ibrani juga mengabarkan bahwa Presiden AS, Joe Biden tidak berniat mengundang Netanyahu ke Gedung Putih. Biden hanya akan menemui PM Isreal di sela-sela acara Majelis Umum PBB.

Saat melaporkan persiapan lawatan Netanyahu ke AS, Kanal 13 Israel melaporkan, ”Para staf Biden masih belum sepakat soal pertemuan dia dengan Netanyahu di Gedung Putih. Oleh karena itu, Biden masih belum punya rencana untuk menemui Netanyahu di Washington.”

Menurut laporan Kanal 13, salah satu faktor yang membuat Biden enggan bertemu Netanyahu di Gedung Putih adalah potensi berlangsungnya demo para penentang PM Israel di Washington.