Israel Tengah Bersiap Mengemis Bantuan Biden Cegah Investigasi Pengadilan Pidana Internasional - POROS PERLAWANAN
Loading

Ketik untuk mencari

Palestina

Israel Tengah Bersiap Mengemis Bantuan Biden Cegah Investigasi Pengadilan Pidana Internasional

Israel Tengah Bersiap Mengemis Bantuan Biden Cegah Investigasi Pengadilan Pidana Internasional

POROS PERLAWANAN – Dilansir Fars, Israel menggantungkan harapan kepada dukungan Pemerintahan Joe Biden, dengan tujuan menghindari penyelidikan Pengadilan Pidana Internasional (ICC) atas tuduhan kejahatan terhadap bangsa Palestina.

Harian Israel Hayom melaporkan, Rezim Zionis akan meminta dari Presiden AS untuk melanjutkan kerja sama Tel Aviv-Washington dalam mencegah Pengadilan Den Haag melakukan investigasi atas Israel.

“Langkah pertama yang akan dilakukan Tel Aviv adalah bergabung bersama Pemerintah baru AS dan berkoordinasi untuk menentukan Jaksa Umum baru ICC dalam pekan-pekan mendatang”, tulis Israel Hayom.

Menurut harian Zionis ini, ada kemungkinan bahwa Fatou Bensouda akan melepas jabatannya dalam waktu dekat, setelah menjadi Jaksa Umum ICC selama 9 tahun terakhir.

Dalam beberapa tahun terakhir, Bensouda dan ICC menghadapi tekanan Washington dan Tel Aviv, lantaran rencana untuk memulai investigasi terkait kejahatan Tentara AS dan Israel.

Tugas utama ICC adalah menangani kejahatan terkait genosida, kriminal atas kemanusiaan, dan kejahatan perang.

Pengadilan internasional yang bermarkas di Den Haag, Belanda ini didirikan pada tahun 2002 dengan tujuan memburu para pelaku kejahatan perang. Namun negara-negara seperti AS, Rusia, dan China menolak bergabung dengan ICC.

Pada Mei tahun lalu, Donald Trump mengeluarkan perintah eksekutif yang mengizinkan pemberlakuan sanksi atas ICC.

Di bulan Agustus 2018 Penasihat Keamanan Gedung Putih saat itu, John Bolton menyatakan niat Pemerintah AS untuk menjatuhkan sanksi atas ICC, demi menghalangi investigasi Mahkamah Internasional tersebut atas kejahatan serdadu AS di Afghanistan dan Rezim Zionis atas rakyat Palestina.

Ancaman-ancaman Bolton terhadap ICC meliputi sanksi finansial, pelarangan para hakim dan jaksa ICC memasuki AS, dan pengajuan gugatan hukum atas para petinggi ICC.

Sebelum ini, Bensouda telah meminta dari Pemerintah Otonomi Palestina (PNA) untuk mengajukan bukti-bukti kejahatan Israel atas rakyat Palestina. Dia juga menolak argumentasi Tel Aviv untuk menghalangi penyelidikan atas seluruh kejahatannya.

Tags:

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *