Kenapa Saudi Kirim Lebih Banyak Pasukan ke Aden? - POROS PERLAWANAN
Loading

Ketik untuk mencari

Yaman

Kenapa Saudi Kirim Lebih Banyak Pasukan ke Aden?

Kenapa Saudi Kirim Lebih Banyak Pasukan ke Aden?

POROS PERLAWANAN – Gubernur Aden, Thariq Salam mengabarkan bahwa Saudi telah mengirim lebih banyak pasukan ke provinsi penting di Yaman tersebut.

Dilansir Fars, Salam dalam wawancara dengan situs 26September menjelaskan, tujuan dari pengiriman pasukan itu adalah memperkuat kehadiran militer Saudi, membuang agen-agennya di Dewan Transisi Selatan, bahkan pasukan Pemerintahan Mansour Hadi, serta menguatkan peran milisi Afashi (yang berafiliasi kepada Thariq Afashi, keponakan mantan Presiden Yaman Ali Abdullah Saleh) dan ISIS.

“Pasukan-pasukan ini masuk ke Ahwar dengan puluhan kendaraan militer, lapis baja, dan panser melalui pelabuhan Shaqra dan tengah bergerak menuju Aden. Pengiriman pasukan dalam jumlah besar ke Aden dalam kondisi saat ini dilakukan dalam rangka implementasi rencana pendudukan Saudi untuk tahap selanjutnya.”

“Sebab, Riyadh sudah tidak lagi memercayai agen-agen lamanya di Aden dan terjun langsung untuk mengubah Aden menjadi pusat pengaruh Israel di Kawasan,”papar Salam.

Ia memprediksi bahwa di tahap mendatang, kondisi Aden dan kawasan lain yang diduduki Koalisi Saudi akan menjadi seperti neraka. Sebab itu, Salam meminta dari penduduk Aden mewaspadai bahaya dan rencana jahat yang disusun untuk mereka.

Sejak memulai agresi ke Yaman, Koalisi Saudi menyokong al-Qaeda dan ISIS dengan uang, senjata, dukungan logistik, dan fasilitas medis. Koalisi Agresor juga memberikan perlindungan udara untuk aktivitas teror mereka.

Sebelum ini, Kemenlu Yaman mengirim surat terpisah kepada PBB dan Dewan Keamanan, yang membongkar hubungan al-Qaeda dan ISIS dengan negara-negara agresor.

Pengadilan Pidana Aden pada Jumat 22 Januari lalu telah membebaskan Mufti ISIS, Abu Bakar al-Burayki atas instruksi dari Pemerintah Mansour Hadi dan Koalisi Saudi.

Dengan berlanjutnya konflik antara proksi Saudi dan UEA di Aden, sepertinya Riyadh tidak punya pilihan selain terlibat langsung secara militer di provinsi tersebut. Faktor inilah yang dipercaya mendorong Saudi mengirim lebih banyak pasukan ke Aden.

Tags:

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *