Loading

Ketik untuk mencari

Amerika

Sindir Megabantuan AS untuk Ukraina, Trump Jr. Olok-olok Zelensky ‘Aktor Berpenghasilan Terbesar 2022’

Sindir Megabantuan AS untuk Ukraina, Trump Jr. Olok-olok Zelensky ‘Aktor Berpenghasilan Terbesar 2022’

POROS PERLAWANAN – Putra mantan Presiden AS, Donald Trump Jr. pada Sabtu lalu di akun Instagramnya mengolok-olok Volodymyr Zelensky sebagai “aktor berpenghasilan terbesar tahun 2022”.

Dilansir Fars, olok-olok Trump Jr. ini merujuk kepada bantuan senilai puluhan miliar Dolar AS kepada Presiden Ukraina yang dahulu berprofesi sebagai komedian tersebut.

Ayah Trump Jr. sendiri berulang kali mengkritik besarnya bantuan Washington untuk Kiev. Dalam unggahan di Instagram itu, Trump Jr. memasang screen shoot sebuah percakapan di Twitter, yang menyebut Tom Cruise sebagai bintang film dengan penghasilan terbesar tahun 2022.

Seorang netizen mengomentarinya dengan menulis, ”Sebenarnya Zelensky adalah aktor berpenghasilan terbesar, sebab Presiden Ukraina ini menerima uang senilai 18 miliar Dolar, sementara Tom Cruise hanya mendapatkan 100 juta Dolar.”

Trump Jr. lalu berkomentar bahwa ia berpikir jumlah uang yang diterima Zelensky adalah 130 miliar Dolar.

Menurut Russia Today, dua angka yang disebut di atas sama-sama keliru. Russia Today melaporkan bahwa semenjak dimulainya perang di Ukraina, AS telah mengkhususkan bantuan militer, ekonomi, dan kemanusiaan kepada Kiev senilai 113 miliar Dolar. Berdasarkan data sebuah institut Jerman, lebih dari 75 miliar Dolar dari bantuan tersebut telah dibayarkan.

Berdasarkan laporan ini, jika bantuan Uni Eropa dan tiap negara anggotanya, juga para sekutu AS seperti Kanada, Jepang, dan Inggris disatukan, total nilai bantuan untuk Kiev mencapai lebih dari 143 miliar Dolar. Angka ini kurang lebih 25 kali lipat lebih besar dari anggaran pertahanan Ukraina di tahun 2021.

Trump sebelum ini menuding Presiden AS, Joe Biden menciptakan bahaya munculnya Perang Dunia III dengan mempersenjatai pasukan Ukraina. Trump berkoar bahwa jika ia kembali ke Gedung Putih, ia mampu mewujudkan gencatan senjata hanya dalam tempo 24 jam.

Tags:

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *