‘Hadiah Tak Terduga’ Beijing-Moskow untuk Washington di Hari Kemerdekaan AS

Share

POROS PERLAWANAN-Analis politik Tajikistan, Abdulghani Muhammad Azimov mengatakan, Iran secara resmi akan menjadi anggota Organisasi Kerja Sama Shanghai (SCO) pada 4 Juli ini, yang bertepatan dengan Hari Kemerdekaan AS.

Dilaporkan Fars, kemerdekaan AS diumumkan pada tanggal 4 Juli 1776. Kongres Kontinental di masa itu menyatakan bahwa 13 koloninya sebagai satu bangsa dan bukan lagi bagian dari Kerajaan Britania Raya.

“Dipilihnya tanggal 4 Juli untuk mendeklarasikan keanggotaan resmi Iran di SCO bukan suatu kebetulan, tapi merupakan hadiah tak terduga dari Rusia-China untuk rival strategis mereka, yaitu AS,”kata Azimov dalam wawancara dengan Sputnik.

“Lawatan Nancy Pelosi ke Taiwan adalah sebuah tindakan provokatif bagi China. Beijing secara terbuka memprotes lawatan tersebut. Jelas bahwa diterimanya Iran di SCO pada Hari Kemerdekaan AS adalah balasan untuk penghinaan Washington kepada Beijing,”lanjutnya.

Ketua DPR AS Pelosi mengunjungi Taiwan pada 2 Juli 2022 kendati China telah melayangkan peringatan keras. Dia adalah pejabat tertinggi AS yang selama 25 tahun lalu melawat ke Taiwan.

China memandang Taiwan sebagai salah satu provinsinya. Negara ini selalu menentang segala bentuk kontak antara perwakilan Taiwan dengan para pejabat Barat, terutama pejabat tinggi politik atau militer dari negara-negara yang punya hubungan diplomatik dengan Beijing.

China selalu menentang lawatan para pejabat asing ke pulau tersebut dan menyatakan, lawatan-lawatan ini melanggar prinsip Satu China dan mengirim sinyal keliru kepada pasukan separatis Taiwan.

“Bergabungnya Iran ke SCO adalah tanda nyata perubahan perimbangan geopolitik regional dan global. Ini akan memperkuat posisi Rusia dan China dalam kompetisi dengan AS serta NATO. Sebelum ini, China dan Rusia memandang topik bergabungnya Iran ke SCO dengan hati-hati. Namun setelah meningkatnya ketegangan dengan Washington secara terbuka, proses ini berjalan lebih cepat,”papar Azimov.

Menurutnya, bergabungnya Iran ke SCO berarti bahwa sudah tiba giliran sejumlah negara Arab untuk menjadi anggota organisasi ini. Pada gilirannya, kata Azimov, ini menandakan perluasan geografis SCO dari utara ke selatan Euroasia.