Loading

Ketik untuk mencari

Amerika

Harian Le Monde: Virus Corona Bakal Akhiri Hegemoni dan Dominasi Amerika di Tataran Global

Cracked-Statue-of-Liberty-900.jpg

POROS PERLAWANAN – Surat kabar harian berbahasa Prancis, Le Monde menurunkan tajuk, bahwa virus Corona akan mengakhiri tatanan dunia baru yang didirikan setelah perang dunia kedua, yang berarti mengakhiri dominasi kepemimpinan Amerika di dunia internasional.

Harian Prancis itu menulis, bahwa dunia akan dikejutkan dengan perubahan besar-besaran dalam sistem internasional. Salah satu indikatornya adalah ketergantungan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada China, yang mulai memainkan peran utama dalam mengacaukan sistem internasional yang ada.

Menurut Le Monde, jika kemampuan AS untuk memainkan peran kepemimpinan di dunia telah semakin menurun dalam beberapa tahun terakhir, maka fakta terbaru menunjukkan kepada kita bahwa krisis Corona saat ini benar-benar telah melemahkan AS, yang pada gilirannya memaksa negeri Paman Sam itu untuk menyerahkan klaim kepemimpinan ini.

Le Monde juga menegaskan, bahwa pandemi virus Corona merupakan pukulan serius bagi persatuan Uni Eropa, yang telah lama menjadi sekutu paling setia Amerika Serikat, karena faktanya Eropa tidak dapat mendukung satu sama lain, bahkan terhadap negara yang paling terdampak epidemi tersebut, seperti Italia.

Pada akhirnya, Le Monde memberikan kesimpulan, bahwa untuk meningkatkan dampak pada penciptaan tatanan dunia baru, Eropa harus meninjau ulang “konstruksi bangunan dan permesinan”-nya sendiri.

Tags: