Loading

Ketik untuk mencari

Lebanon

Hizbullah Sanjung Lawatan Paus Fransiskus ke Irak

Hizbullah Sanjung Lawatan Paus Fransiskus ke Irak

POROS PERLAWANAN – Dilansir Fars, Hizbullah Lebanon pada Senin 8 Maret malam merilis statemen terkait kunjungan Pemimpin Vatikan, Paus Fransiskus ke Irak.

“Hizbullah mengapresiasi lawatan Paus Fransiskus ke (negara) sahabat Irak dan hasil positif lawatan itu, terutama pertemuan dengan marji (Syiah di Irak) Ayatullah Ali Sistani.”

“Hizbullah mendukung penuh pendirian beliau (Ayatullah Sistani) yang menekankan untuk menghilangkan derita, kezaliman, kekerasan, kemiskinan, penindasan keagamaan dan pemikiran, perang, tindak kekerasan, blokade, dan imigrasi paksa yang dihadapi banyak negara, terutama rakyat Palestina di Tanah Terjajah,” tandas Hizbullah, seperti dilaporkan stasiun televisi al-Manar.

“Hizbullah meyakini bahwa Irak dalam dua dekade lalu mengalami hari-hari kelam dan berbagai perang; perang-perang yang disulut oleh para agresor AS dan teroris Wahabi ISIS.”

Hizbullah berharap, lawatan tersebut bisa menjadi mukadimah agar Irak kembali mendapatkan perannya di kancah internasional dan regional, juga menguatnya persatuan nasional di negara itu dan haknya untuk memiliki kedaulatan serta stabilitas.

Di akhir statemennya, Hizbullah menekankan peran penting para rujukan keagamaan dan spiritual di seluruh dunia dalam menghadapi agresi, penjajahan, dan mengungkap terorisme.

Hizbullah juga menegaskan peran tokoh-tokoh ini dalam mengukuhkan norma-norma seperti kasih sayang, kerukunan, dan hak bangsa untuk melawan serta mempertahankan diri di hadapan para penjajah.

Sementara itu, Paus Fransiskus di akhir lawatannya ke Irak berbicara dengan sejumlah wartawan di pesawatnya. Ia menyebut Ayatullah Sistani sebagai “pria yang rendah hati dan berpengetahuan” dan mengatakan, pertemuan itu telah menggembirakan jiwanya.

Paus Fransiskus (84 tahun) mengaku bahwa lawatan ke Irak lebih membuatnya kelelahan dibanding lawatan-lawatan lain.

Ia juga membela keputusannya untuk melakukan perjalanan di masa pandemi Corona. Paus menegaskan, ia telah mengambil keputusan itu dengan mengetahui segala risikonya.

Tags:

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *