Loading

Ketik untuk mencari

Analisa

Pesan Kuat ‘Ancaman Nyata’ Sanaa untuk Koalisi Agresor Lewat Serangan Beruntun ke Bandara Abha Saudi

Pesan Kuat 'Ancaman Nyata' Sanaa untuk Koalisi Agresor Lewat Serangan Beruntun ke Bandara Abha Saudi

POROS PERLAWANAN – Seperti yang telah diperingatkan Sanaa berkali-kali sebelum ini, Yaman akan menggunakan opsi-opsi yang sangat menyakitkan bagi Saudi jika agresi masih terus berlanjut.

Dilansir al-Alam, kini tampaknya ancaman ini telah diwujudkan melalui serangan beruntun Pasukan Yaman yang sukses menghantam target-target musuh, terutama serangan terbaru ke bandara Abha.

Selama 3 hari berturut-turut, bandara internasional Abha di barat daya Saudi menjadi ajang serangan Satuan Nirawak Tentara Yaman, yang menggunakan nirawak Samad dan Qasif. Serangan-serangan ini dilakukan setelah operasi militer Yaman akan berkurang akhir-akhir ini.

Jubir Angkatan Bersenjata Yaman, Yahya Saree menegaskan bahwa serangan ke Abha adalah respons terhadap meningkatnya agresi Koalisi Saudi ke sejumlah kawasan di Yaman, juga berlanjutnya blokade atas rakyat Yaman. Inilah yang mendorong pihak Yaman menjadikan serangan ke basis dan infrastruktur Saudi sebagai “opsi menyakitkan”.

Para petinggi Sanaa menyatakan, jawaban ini adalah hak legal Yaman, terutama seiring meningkatnya blokade ekonomi Rezim Saudi dan Koalisi Agresor atas kota-kota Yaman. Koalisi ini telah menghalangi masuknya tanker pengangkut minyak dan kapal pemuat bahan makanan serta obat-obatan ke pelabuhan Hudaydah.

Atas dasar ini, wajar jika Satuan Rudal dan Nirawak Yaman memberikan balasan menyakitkan terhadap kejahatan-kejahatan Koalisi Saudi. Balasan ini adalah hak sah bangsa Yaman, yang selama 5 tahun lebih menjadi sasaran jet-jet tempur Koalisi.

Dari sisi lain, operasi militer di kedalaman wilayah Saudi juga mengandung sejumlah pesan. Menurut para pakar militer, operasi sukses ini adalah pertunjukan hegemoni militer Tentara Yaman, yang kini telah menjadi ancaman nyata bagi Saudi dan para sekutunya. Sanaa telah membuktikan keunggulannya di bidang militer. Sanaa juga telah menjadikan operasi militer sebagai opsi kuat untuk melawan agresi serta tindakan Koalisi yang memperumit proses perdamaian dan gencatan senjata.

Serangan sukses Yaman ini juga mengirim pesan lain yang lebih gamblang, bahwa teknologi militer Saudi dan persenjataan modernnya, ternyata rentan dan ringkih di hadapan pesawat-pesawat nirawak Yaman.

Tags: