Atwan Ungkap 5 Fakta Operasi 14 April, Buktikan Kebenaran Narasi Iran dan Kebohongan Narasi Israel

Share

POROS PERLAWANAN– Analis terkemuka Arab Abdel Bari Atwan dalam artikelnya menyatakan, ada 5 fakta akurat yang membuktikan kebenaran narasi Iran dan kebohongan narasi Israel terkait serangan rudal-drone pada Minggu lalu.

Dilansir Mehr, Atwan menyatakan bahwa andai sistem pertahanan Israel, seperti diklaim IDF, mampu merontokkan 99 persen rudal dan drone Iran, dan bahwa kerugian yang dialami 2 pangkalan mereka sangat minim, lalu kenapa Rezim Zionis mengkaji risiko tinggi respons terhadap serangan Iran, dan menempatkan diri mereka di hadapan ancaman Iran yang lebih besar dan destruktif? Andai klaim Israel benar, mengapa Tel Aviv tidak mengizinkan wartawan dan kanal televisi internasional untuk memasuki 2 pangkalan itu?

Berikut ini adalah 5 dalil yang dikemukakan Atwan bahwa serangan Iran ke Israel sangat mematikan:

Pertama, langit Palestina diterangi dengan klip-klip puluhan drone dan rudal Iran setelah tiba di zona udara Tanah Pendudukan. Jutaan orang di Tepi Barat dan Gaza melihat drone dan rudal itu dengan mata telanjang. Andai 99 persen rudal-rudal itu dirontokkan, bagaimana rudal dan drone dalam jumlah besar itu sampai ke Tanah Pendudukan? Kenapa 5 tembok AS, Prancis, Inggris, Israel, dan Yordania tidak bisa menghentikannya?

Kedua, andai benar bahwa rudal-rudal itu tidak sampai ke Tanah Pendudukan, kenapa ratusan ribu pemukim Zionis kabur ke tempat-tempat perlindungan dengan penuh rasa takut?

Ketiga, jurnalis Israel yang dekat dengan Mossad, Ronen Bergman, mengutip pernyataan seorang anggota Kabinet Perang Israel bahwa skala kerusakan yang disebabkan rudal dan drone itu sangat luas. Andai orang-orang Israel melihat siaran langsung kerusakan-kerusakan tersebut, sedikitnya 4 juta pemukim Zionis akan langsung kabur dari Tanah Pendudukan.

Keempat, harian Prancis Le Figaro menulis bahwa setelah serangan Iran ke kedalaman Tanah Pendudukan ini, kepercayaan Israel soal hancurnya infrastruktur musuh-musuh Israel sudah pupus.

Kelima, Dubes Israel di PBB Gilad Ardan mengeklaim, serangan Iran adalah bahaya bagi Masjid Aqsa. Untuk membuktikan klaimnya, dia menunjukkan video terbangnya rudal-rudal Iran di atas Masjid. Andai klaim Israel benar, bagaimana rudal-rudal itu bisa sampai ke langit Quds dan pangkalan udara Negev?